Monev Paska Akreditasi Prodi D3 Kebidanan Palu

Satu Poltekkes Satu Keluarga

Monev Paska Akreditasi Prodi D3 Kebidanan Palu

May 9, 2023 D3 Kebidanan Palu 0

Standar I

PS bekerja sama dengan Jamintu PS telah melaksanakan monev visi dan misi pada akhir tahun ajaran yaitu bulan Agustus 2022 dengan hasil untuk Alumni mahasiswa Prodi D-III Kebidanan memiliki tingkat pemahaman Visi-Misi dengan kategori kurang dan Mahasiswa Prodi D-III Kebidanan memiliki tingkat pemahaman VisiMisi dengan kategori cukup. Dari hasil tersebut telah ada 3 rekomendasi yaitu sosialisasi kepada mahasiswa, dosen dan tendik, untuk rekomendasi pada alumni belum disusun karena hasil tracer study belum dilaporkan. Rekomendasi: tracer study diberikan kepada alumni yang sesuai dengan visi yang ingin di monev. Ada dokumentasi tindak lanjut terhadap rekomendasi yang sudah disusun

Standar 2

1. PS telah melakukan dokumentasi terhadap kegiatan yang dilakukan dalam bentuk laporan per kegiatan seperti laporan praktik diluar propinsi, laporan WS interpreneur, Seminar dengan IBI Palu. Laporan akademik yang dilaporkan setiap tahun. Ada beberapa kegiatan yang dalam pelaporan belum tuntas, contoh pengumpulan nilai oleh dosen. Rekomendasi: laporan akademik dibuat dan dilaporkan persemester sebagai laporan kegiatan PBM yang sudah dilaksanakan.

2. PS telah memiliki Roadmap penelitian yang mengacu pada visi Prodi yaitu komplementer kebidanan (Penerapan Asuhan Kebidanan Yang Terintegrasi Budaya Lokal (Askeb Ter-Buka). Belum ada roadmap dosen dan mahasiswa.UPPS dan PS telah memiliki standar nasional  penelitian (hasil penelitian, isi, prose, penilaian, peneliti, sarpras. pengelolalaan dan pendanaan &pembiayaan) serta standar nasional PKM ( hasil, isi, proses, penilalian, pelaksanaan, sarpras, pengelolaan, pendanaan & pembiayaan) yang mengacu Permendikbud no 7. Rekomendasi: Roadmap penelitian PS seharusnya mengacu pada visi prodi (penerapan suhan kebidanan yang terintegrasi budaya local) dan tidak terlalu sempit (hanya mengacu pada senam hamil, spa mom dan spa baby). Perlu adanya roadmap untuk dosen dan mahasiswa yang mengacu pada roadmap PS

Standar 3

1. PS telah melakukan layanan bimbingan konseling di ruang khusus sehingga privasi dan layanan menjadi lebih baik

2. HIMA memiliki program kerja yang meliputi  latihan dasar kepemimpinan, Karakter Buliding mahasiswa tingkat I dan telah terdokumentasi dengan baik.

3. Layanan Kesehatan yang dilaksanakan oleh PS dengan  P3K yang bisa digunanakan ketika ada mahasiswa yang membutuhkan karena lokasi kampus dekat dengan RS dan Puskesmas sehingga mudah merujuk jikalau ada mahasiswa yang tidak cukup dilayani dengan P3K. Ada juga kegiatan preventif dengan senam pada hari Jumat bersama semua civitas kebidanan di lapangan Jurusan.

4. PS telah melakukan upa,ya peningkatan lulusan first taker dengan kegiatan TO internal dengan adanya data peningkatan lulusan first taker pada tahun 2020  43%, 2021 sejumlah 78%, tahun 2022 ,100%.

Standar 4

1. Monev pada tenaga kependidikan melalui DP3 dan logbook kegiatan harian. Mulai April 2023 logbook Tendik dengan aplikasi sehingga bisa dimonitoring atasan lebih mudah dan valid.

2. Ada 3 luaran penelitian dosen PS dan tendik yang berbentuk buku yaitu “Asuhan kebidanan komplementer”, “Dismenore Pada Remaja dengan Terapi koomplementer” dan “Pemberian makanan pendamping air susu ibu(MPASI)

3. Dosen telah beberapa yang melakukan pembaharuan STR dan KTA dengan total dosen PS 8 Dosen yang memiliki STR yang masih berlaku 5 Dosen dan 3 sedang berproses perpanjangan.

Rekomendasi: setiap dosen bisa memasukan luaran hasil penelitian menjadi bahan kajian kurikulum dan semua dosen memiliki STR dan KTA yang masih berlaku.

Standar 5

1. Dosen telah melakukan bimbingan akademik 3 kali dalam satu semester (awal, tengah dan akhir semester) mengacu pada Buku pedoman PA, serta melakukan pendekatan personal dengan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

2. PS telah menuliskan dipedoman LTA tentang lampiran-lampiran yang harus disertakan saat pengumpulan laporan, dan telah dilakukan pengecekan saat pengumpulan.

3. Modul praktikum sudah disusun berdasarkan pedoman penyusunan modul praktikum

4. Dosen telah melaksanakan pembelajaran dengan blended learning yaitu tatap muka dan  e-learning(siakad).

Rekomendasi: pengumpulan hasil LTA pada repository sehingga bisa diakses lebih luas dan aman tersimpan, ada dukungan IT untuk memfasilitasi sarana Repository pada Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Palu.

Standar 6

1. PS telah menyediakan privacy dan kenyamanan bagi dosen dengan menyediakan satu ruang untuk satu dosen

2. PS telah menyeting laboratorium sesuai arahan dari rekomendasi, namun belum terintegrasi dengan visi PS. PS juga sudah mengajukan rencana pembuatan PMB sebagai salah satu lahan praktik, dan tiap Jumat ada kegiatan NASEHA  CARE dalam membekali mahasiswa mencapai visi PS

3.   PS telah melakukan MOU terkait penggunaan perpustakaan dengan 3 perpustakaan di luar Poltekkes yaitu:

a. Badan Perpustakaan dan Arsip Propinsi Sulawesi Tengah

b. Badan Perpustakaan dan Arsip Kab Toli-Toli

c. Perpustakaan Kampus STIK Indonesia Jaya

dan bisa diakses serta telah dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen.

4. PS baru proses menggunakan IT untuk Perpustakaan dan laboratorium dimulai tahun 2023.

Rekomendasi ; Laboratorium seyogyanya disetting mengacu pada visi, IT bisa digunakan secara sederhana dilaboratorium dan perpustakaan

Standar 7

1. PS dan UPPs telah melakukan upaya motivasi kepada dosen untuk menjurnalkan pada jurnal internasional serta menyiapkan dana untuk terlaksananya kegiatan tersebut. Sampai saat ini ada 4 publikasi internasional oleh dosen PS.

2. PS telah melibatkan mahasiswa dalam kegiatan PkM sebagai pembawa acara, pemateri.

3. PS telah menggunakan pedoman penulisan penelitian yang dikeluarkan oleh Pusat  Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kemenkes Palu serta disosialisasikan kepada seluruh dosen.

Rekomendasi: Pelibatan mahasiswa dalam kegiatan PkM diharapkan dimulai dari perencanaan sampai evaluasi dan di dokumentasikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

totoagung totoagung2 cantiktoto amintoto restoslot4d slotgacor4d qdal88